Cara Pembuatan Hingga Proses Pemasangan Kubah Masjid

Apakah Anda salah satu orang yang sedang memesan pembuatan kubah masjid? Lalu apakah pernah mencari tahu memang seperti apa sih proses pemasangan kubah masjid itu sendiri?

Proses pembuatan kubah masjid sendiri memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tergantung pada jenis kubah yang Anda pesan. Namun rata – rata waktu pembuatan kubah pasti lebih dari 1 bulan.

Dalam waktu satu bulan tersebut memang apa saja proses yang sudah dilakukan? Nah pada pembahasan kali ini kita akan menjabarkan langkah demi langkah cara pembuatan hingga proses pemasangan kubah masjid. 

Mari, langsung saja Anda simak. Tapi sebelum itu, kenali dulu spesifikasi dari masing – masing material kubah masjid.

Material Kubah Masjid

Material kubah masjid yang paling populer digunakan yaitu bahan galvalum dan enamel. Kedua material tersebut pasti bisa Anda temukan dengan mudah pada kontraktor kubah manapun.

Berikut ini penjelasan spesifikasi dari kedua material di atas.

Spesifikasi Kubah Masjid Bahan Galvalum

Material pertama yang sering digunakan dan tersedia juga di PT Anugerah Kubah Indonesia yaitu galvalum, meskipun harganya lebih murah dibanding dengan enamel namun galvalum memiliki banyak kelebihan.

Diantaranya seperti daya rekat cat yang fleksibel, sudah anti karat hingga tahan terhadap cuaca. Adapun spesifikasi yang Anda dapatkan jika menggunakan bahan galvalum sebagai berikut.

  • Rangka pipa galvanis 1 – 3 inch dengan tebal 1,6 mm
  • Rangka pendukung hollow 1,5 x 3,5 dan 3,5 x 3,5 dengan tebal 0,7 mm
  • Panel plat galvalum dengan tebal 0,4 mm – 0,5 mm
  • Coating dengan epoxy, cat utama dan anti gores “PU Colour”
  • Waterproofing memakai membran bakar 3 mm
  • Plafon menggunakan board 3 mm atau plat galvalum
  • Makara menggunakan plat stainless steel atau plat galvalum

Itulah beberapa spesifikasi yang akan digunakan pada kubah masjid galvalum nantinya. Tapi spesifikasi di atas belum termasuk ornamen kubah masjid tambahan.

Baca Juga: Harga Kubah Masjid Diameter 4 Meter

Spesifikasi Kubah Masjid Bahan Enamel

Material selanjutnya datang dari bahan enamel, jika dibandingkan dengan galvalum. Bahan enamel ini terlihat sedikit lebih mengkilap karena bahan dasar yang digunakan yaitu cat berjenis porcelain sehingga harga kubah masjid nya pun sedikit lebih mahal.

Berikut ini spesifikasi kubah masjid bahan enamel dari PT Anugerah Kubah Indonesia.

  • Pipa galvanis 1 – 3 inch dengan tebal 1,6 mm.
  • Rangka hollow 1,5 x 3,5 dan 3,5 x 3,5 tebal 0,7 mm
  • Panel berbahan plat baja SPCC dengan tebal 0,9 – 1 mm
  • Pelapisan teflon atau coating menggunakan suhu 830°C.
  • Waterproofing menggunakan membran bakar 3 mm.
  • Plafon menggunakan board 3 mm atau plat galvalum.
  • Makara menggunakan plat stainless steel atau plat galvalum.

Setelah mengetahui spesifikasi dan bahan yang akan digunakan, selanjutnya di bawah ini terdapat bagian kubah masjid yang perlu Anda ketahui juga. Sehingga ketika proses pemasangan kubah masjid nanti Anda sudah paham itu bagian apa dan harus memakai yang mana.

Bagian – Bagian Kubah Masjid

Di bawah ini terdapat gambaran dari bagian kubah masjid, contoh di bawah ini terdapat model kubah setengah bola dengan diameter 6 meter dan tinggi 3 meter.

Seperti yang Anda lihat, gambar berikut terdapat beberapa bagian atau rangkanya. Rangka inilah yang nantinya akan disusun ketika proses pemasangan kubah masjid. Diantaranya sebagai berikut.

  1. Makara: merupakan bagian mahkota atau bagian paling ujung dari kubah masjid. Dengan adanya makara membuat masjid lebih terlihat indah dan mudah ditemukan.
  2. Gording atau ring: bagian kedua yaitu ring, seperti gambar di bawah terdapat rangka melingkar di bagian tengah. Rangka tersebut disebut juga ring.
  3. Hollow: semakin turun terdapat berbagai rangka yang lebih banyak, salah satunya adalah rangka pendukung hollow.
  4. Cremona: rangka double frame ini digunakan sebagai rangka atap kubah masjid.
  5. Membran kedap air: fungsinya apabila di luar terjadi hujan maka dengan membran kedap air ini, air tidak akan turun ke bagian bawah kubah masjid sehingga tidak akan basah.
  6. Panel: merupakan inti dari kubah yang berbahan dasar galvalum atau enamel, merupakan bagian terluar yang biasanya memiliki warna yang beragam.
  7. Plafon: merupakan bagian yang paling bawah, pada plafon ini biasanya dibuat ornamen kubah masjid seperti kaligrafi atau motif awan.
proses pemasangan kubah masjid

Sampai sini jadi semakin paham kan dengan bagian kubah masjid? Nah, sekarang saatnya masuk pada proses pemasangan kubah masjid.

Cara Pembuatan & Proses Pemasangan Kubah Masjid

Proses pembuatan kubah masjid biasa disebut dengan tahap pabrikasi. Tahap pabrikasi ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Langsung saja berikut ini langkah – langkah pembuatan dan proses pemasangan kubah masjid.

1. RND atau Desain Kubah

Ketika Anda memesan kubah pada produsen, selanjutnya produsen akan menampung permintaan desain kubah masjid yang Anda inginkan. Setelah itu bagian desainer akan membuatkan desain 2 dimensi dari kubah Anda.

Proses ini dilakukan dengan bantuan aplikasi desain, mereka akan membuatkan desain sesuai request Anda beserta dengan pewarnaannya. Kira – kira seperti ini hasil desain 2 dimensinya.

proses pemasangan kubah masjid

Lalu masuk pada tahap selanjutnya yaitu proses pembuatan rangka.

Baca Juga: Harga Kubah Masjid Diameter 6 Meter

2. Proses Rangka

Ketika desain sudah jadi dan sudah ada gambaran, sekarang saatnya untuk membuatkan rangka yang nanti akan disusun. Pembuatan rangka ini tergantung pada ukuran kubah masjid yang Anda pesan.

Dalam prosesnya sendiri terbagi lagi menjadi beberapa yaitu. 

Yang pertama proses pembuatan rangka gording ring. Seperti yang dijelaskan di atas gording ring ini nantinya merupakan rangka yang melingkar di tengah kubah masjid tersebut. Gording ring dilakukan dari mulai pengukuran, pengelasan dan yang lain.

Rangka kedua yaitu tiang cremona atau double frame. Pada proses pembuatan rangka ini akan dilakukan pemotongan, penyambungan antar rangka hingga pengelasan agar bisa tersambung.

Rangka yang ketiga adalah hollow atau rangka pendukung dari semua jenis rangka sebelumnya. Untuk rangka hollow ini termasuknya cukup banyak, untuk membantu kubah agar berdiri dengan baik.

Berikut terdapat beberapa contoh rangka yang dibutuhkan untuk proses pemasangan kubah masjid.

proses pemasangan kubah masjid
proses pemasangan kubah masjid

Tahapan selanjutnya yaitu membuat panel kubah masjid.

3. Proses Produksi Panel

Setelah semua rangka berhasil dibuat, selanjutnya yaitu memproduksi panel untuk kubah tersebut. Dalam proses produksi ini dari panel yang berukuran besar dan lebar akan dipotong sesuai ukurannya, lalu dilanjutkan proses bending hingga las spot welding.

Produksi panel ini tergantung dengan ukuran kubah pesanan, semakin luas permukaan kubah maka akan membutuhkan panel semakin banyak.

4. Proses Pewarnaan

Apabila semua panel sudah terbuat, selanjutnya panel – panel tersebut akan masuk pada proses pewarnaan. Proses ini yaitu memberikan warna atau mengecat panel.

Warna yang diberikan pada panel juga sesuai dengan keinginan klien sebelumnya. Perlu Anda ketahui PT Anugerah Kubah Indonesia tentu memiliki opsi pilihan warna yang beragam untuk panel kubah masjid.

5. Proses Makara

Setelah semua rangka dan panel untuk kubah masjid sudah selesai, selanjutnya adalah membuat makara atau mahkota masjid.

Proses pembuatan makara ini cukup panjang, dari mulai pemotongan stainless steel dan menyesuaikan dengan ukuran hingga proses perakitan menjadi sebuah mahkota kubah.

Tidak hanya itu, makara ini juga biasanya memiliki warna lain selain silver yaitu menggunakan warna gold.

6. Proses Packing 

Ketika semua rangka kubah masjid selesai dibuat dan diberi warna, selanjutnya produsen akan masuk pada proses packing. Namun, pastikan semua panel dan rangka yang dibutuhkan sudah benar – benar terbuat dan tidak ada yang tertinggal.

Setelah itu semua rangka, panel dan makara akan dibungkus dengan baik agar tidak terjadi kerusakan di perjalanan pengiriman.

7. Proses Pengiriman

Terakhir dari proses pembuatan kubah masjid adalah proses pengiriman. Semua rangka yang sudah di packing akan dikirim sesuai dengan alamat pemesanan Anda.

Pada proses ini seluruh rangka kubah akan dikirim menggunakan armada terbaik, jika masih dalam satu pulau akan memakai truk besar sedangkan jika sudah luar pulau akan dikirim sampai pelabuhan terdekat.

proses pemasangan kubah masjid

8. Proses Pemasangan 

Nah, ketika rangka kubah ini sudah sampai pada pemesan selanjutnya melalui proses pemasangan kubah masjid. Proses pemasangan ini mulai dari penyusunan rangka hingga bisa berdiri seperti gambar berikut.

Setelah rangka tersusun selanjutnya yaitu memasang panel di setiap bagian yang sudah ditemukan di desain sebelumnya. 

proses pemasangan kubah masjid

Nah, itulah tahapan pembuatan kubah hingga proses pemasangan kubah masjid. Seperti yang Anda simak tadi, tahapan di atas memang cukup panjang, maka dari itulah membutuhkan waktu lebih dari satu bulan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, dengan menggunakan kontraktor kubah masjid yang profesional, kubah Anda akan tertangani dengan baik.

PT Anugerah Kubah Indonesia memiliki tim yang berpengalaman puluhan tahun dalam membuat kubah masjid di seluruh Indonesia, oleh karena itu jika Anda berminat bekerja dengan kami bisa langsung hubungi nomor berikut 0812-1398-5160. 

Sampaikan permintaan pesanan kubah Anda dan akan kami berikan solusinya.

Leave a Reply

4 × two =