Contoh Motif Ornamen Kubah Masjid untuk Hiasan

Anda hendak membuat kubah dan sedang mencari contoh motif ornamen kubah masjid? Selain memilih bentuk kubah masjidnya, para panitia pembangunan masjid juga harus memikirkan hendak menggunakan ornamen seperti apa.

Selain kubah masjid yang identik untuk simbol tempat beribadah umat muslim, ornamen kubah masjid juga menjadi salah satu ikon yang khas. Setiap masjid biasanya memiliki ornamen yang berbeda – beda.

Ornamen di sini merupakan motif yang biasa digunakan pada plafon kubah maupun pada dinding – dinding masjid.

Nah, sebelum memilih ornamen kubah masjid Anda juga harus tahu akan menggunakan bentuk yang seperti apa.

Bentuk – Bentuk Kubah Masjid

Semakin canggihnya zaman membuat bentuk kubah masjid juga semakin bervariasi. Dari yang hanya kubah batu Yerusalem, sekarang sudah lebih berkembang hingga munculan nama – nama lain.

Berikut ini beberapa bentuk kubah masjid yang paling sering digunakan pada masjid – masjid di Indonesia maupun dunia.

Bentuk Kubah Masjid Setengah Bola

Bentuk kubah masjid yang pertama adalah setengah bola atau setengah lingkaran. Kubah dengan bentuk ini bisa Anda temukan dengan mudah setiap Anda melihat masjid.

Karena kubah ini memang yang paling umum dipakai. Selain itu bentuknya juga terkesan minimalis dan simetris, tidak terlalu oval dan tidak terlalu bulat.

Ditambah dengan diameter ukurannya yang beragam membuat kubah ini dijadikan pilihan oleh para pembangun masjid. Berikut terdapat contoh proyek dari kubah masjid setengah bola yang sudah selesai.

ornamen kubah masjid

Kubah setengah bola biasanya memiliki diameter 6 meter dengan tinggi 3 meter. Namun ukuran ini kembali lagi pada masing – masing pesanan Anda.

Bentuk Kubah Masjid Madinah

Bentuk yang selanjutnya yaitu kubah madinah. Berbeda dengan yang sebelumnya, kubah pinang memiliki bentuk yang lebih tinggi, sehingga terlihat seperti oval.  Jika kubah setengah bola memiliki tinggi ½ dari diameter.

Maka kubah masjid madinah ini tingginya ¾ dari diameter. Jadi, jika diameter 6 meter maka tingginya sekitar 4,5 meter.

Contohnya seperti proyek kubah madinah berikut.

ornamen kubah masjid

Pada gambar di atas bisa Anda lihat bahwa kubah ini sedikit lebih oval dari kubah setengah bola. Kubah madinah juga cukup populer setelah kubah setengah bola.

Baca Juga: Masjid Menara Kudus : Sejarah, Desain Arsitektur & Lokasi

Bentuk Kubah Masjid Bawang

Kubah ketiga yaitu model bawang, kubah model ini biasanya lebih banyak ditemukan dengan bahan stainless. Tapi banyak juga yang berbahan galvalum atau enamel.

Bentuk kubah ini memiliki 2 diameter yang berbeda, yaitu diameter bawah dan diameter tengah. Diameter bawah sama dengan ukuran tinggi kubahnya.

Sedangkan diameter tengah yang cukup cembung disesuaikan dengan permintaan pesanan Anda. Di bawah ini terdapat contoh kubah bawang yang sudah selesai dikerjakan oleh anugerahkubah.co.id 

ornamen kubah masjid

Bisa Anda lihat di bagian tengah kubahnya cukup cembung sehingga memiliki diameter yang lebih lebar.

Bentuk Kubah Masjid Pinang

Seperti buah pinang pada umumnya, kubah ini juga memiliki bentuk yang demikian. Tinggi kubah yang cenderung panjang dan diameternya yang sama dengan tinggi kubah tersebut.

Jika sebelumnya tinggi kubah sebesar ½ diameter atau ¾ diameter maka berbeda dengan bentuk yang ini. Antara diameter dan tinggi memiliki ukuran yang sama, sehingga menghasilkan bentuk yang sangat oval menyerupai telur.

ornamen kubah masjid

Seperti yang Anda lihat, hasil akhir kubah masjid tersebut cenderung kecil atau tidak lebar namun cukup tinggi.

Itulah beberapa bentuk kubah masjid yang populer digunakan, Anda juga bisa mendapatkan kubah – kubah tersebut pada PT Anugerah Kubah Indonesia.

Selanjutnya kita akan masuk pada ornamen kubah masjid salah satunya adalah motif – motif plafon. 

Baca Juga: Masjid Syaikhona Kholil Bangkalan Madura : Sejarah & Keunikannya

Motif – Motif Plafon Kubah Masjid

Perlu Anda ketahui motif plafon kubah masjid juga salah satu bagian dari ornamen kubah masjid. 

Motif yang digunakan untuk plafon biasanya sama atau mirip dengan yang digunakan pada ornamen lain seperti dinding, bagian eksterior masjid dan masih banyak lagi Berikut ini terdapat 2 motif ornamen yang sering digunakan.

Plafon Kaligrafi

Motif atau ornamen plafon yang pertama yaitu plafon kaligrafi. Seperti yang kita tahu, kaligrafi juga salah satu ikon umat muslim, yang merupakan seni menulis arab atau ayat – ayat Al-Quran.

Biasanya kaligrafi ini dibuat sebagai lukisan dan dipasang pada dinding – dinding. Tapi tidak hanya itu, semakin ke sini seni kaligrafi dipakai semakin luas yaitu sebagai ornamen kubah masjid.

Salah satunya pada plafon, plafon merupakan bagian dalam kubah yang bisa Anda lihat dari dalam masjid. Contoh motif plafon kaligrafi yaitu seperti berikut.

ornamen kubah masjid

Selain digunakan pada plafon kubah, kaligrafi tersebut juga biasanya digunakan untuk ornamen lain. Diantaranya seperti pada pintu masjid, dinding atau bagian masjid yang lain.

Seni kaligrafi ini juga terbagi menjadi beberapa jenis seperti kaligrafi Turki, Persia, Arab dan yang lainnya. Selain itu ketika proses pembuatannya pun menggunakan cat dan tinta khusus untuk dinding sehingga hasilnya akan tetap awet.

Ornamen kubah masjid dengan kaligrafi juga dapat Anda padukan bersama ornamen lain yaitu ornamen awan.

Plafon Awan

Ornamen kubah masjid selanjutnya adalah motif awan. Mungkin Anda juga sudah sering menemukan motif ini pada masjid – masjid.

Karena motif awan merupakan salah satu motif yang populer digunakan. Selain itu motif ini juga sangat cocok digunakan pada langit – langit masjid, karena awan tentu identik dengan langit.

Untuk contoh ornamen kubah masjid awan misalnya seperti gambar berikut.

ornamen kubah masjid 6 Contoh Motif Ornamen Kubah Masjid untuk Hiasan

Ornamen kubah masjid awan memang terlihat lebih simple dari yang kaligrafi. Selain itu warna yang digunakan juga tidak terlalu banyak, dengan kubah yang bermotif awan membuat masjid tersebut terlihat lebih kalem. 

Namun, jika Anda ingin menambahkan ornamen di bagian masjid lain tentu tidak cocok apabila menggunakan awan semua. Sehingga Anda bisa kombinasikan dengan motif kaligrafi yang sebelumnya.

Setelah mengetahui beberapa ornamen kubah masjid yang biasa digunakan. Selanjutnya di bawah ini terdapat desain kubah masjid PT Anugerah Kubah Indonesia yang bisa Anda jadikan gambaran.

Contoh Desain Kubah Masjid QOOBAH

Sebelum Anda memesan kubah masjid, ada baiknya Anda melihat – lihat terlebih dulu contoh desain kubah yang sudah pernah dibuat. Dari desain ini Anda bisa memutuskan hendak memakai yang mana.

Berikut ini terdapat beberapa desain kubah masjid yang memiliki motif dan ukurannya masing – masing.

Desain Kubah Diameter 5,8 Meter

ornamen kubah masjid

Contoh desain yang pertama merupakan bentuk setengah bola, seperti yang tercantum di atas dimensi kubah tersebut yaitu berdiameter 5,8 meter dan tinggi 3 meter. 

Desain kubah seperti gambar di atas biasanya menggunakan bahan galvalum atau enamel. Jadi, sebelum Anda dibuatkan kubah masjidnya, kami akan membuatkan desain 2 dimensi terlebih dulu.

Dari desain tersebut baru akan kami eksekusi dari mulai membuat rangka, memasang panel kubah, pemasangan plafon lalu pewarnaan atau mengecat.

Desain Kubah Masjid Diameter 6 Meter

Contoh desain kubah yang kedua yaitu seperti berikut.

4NoXe08B6xwt6J7VrFudB6kiiWFOLUBDbRyKpb6qRDtcTwdklCBuzdK2jy2Ivtw4dOS2Hk18hl rmF0y5cMWL7YiPbhQLVaUdtHp94c Contoh Motif Ornamen Kubah Masjid untuk Hiasan

Desain yang kedua ini mirip dengan yang pertama, sama – sama memiliki tinggi 3 meter namun diameternya lebih besar yaitu 6 meter. Sehingga desain kubah tersebut terlihat lebih pendek dari yang sebelumnya.

Untuk motif panel kubahnya sendiri sama dengan yang tadi, hanya saja motif warnanya berbeda.

Desain Kubah Kubah Masjid Diameter 7,35 Meter

Contoh desain kubah yang ketiga bisa Anda lihat pada gambar berikut.

rq36uGXJRRzxXhHImjmWcTQP2JFfkf1gCYtNydDE3EK8GRIopX8SU7AHltyJAIGjVW xLt9G7ER0DHSSl7XjShou1OdiLA6Bv2uN nsNnGO41i6KlP1OtEmDsKwV248maNDYgSRU Contoh Motif Ornamen Kubah Masjid untuk Hiasan

Lebih besar dari yang sebelumnya, desain kubah ini memiliki tinggi 3,5 meter dan berdiameter 7,5. Selain itu dari segi modelnya juga masih sama yaitu bentuk setengah bola.

Hanya saja dibedakan dengan pilihan warna yang digunakan kubah tersebut.

Dan jangan lupa, diameter pada kubah masjid itu beragam seperti diameter 3 meter, diameter 7 meter, hingga diameter 5 meter. Semua tergantung kebutuhan.

Gambar – gambar di atas merupakan sedikit contoh dari desain 2 dimensi milik PT Anugerah Kubah Indonesia. Jika Anda tertarik dan sedang membutuhkan kubah untuk pembangunan masjid, Anda bisa hubungi kami pada kontak berikut 081212985160 untuk bertanya tentang model dan daftar harga kubah masjid.

Tidak hanya menyediakan jasa pembuatan kubah, kami juga dapat melayani pembuatan ornamen kubah masjid sesuai dengan keinginan Anda. Dan beragam produk lain dari QOOBAH.

Leave a Reply

19 − 15 =