Cara Menghitung Harga Kubah: Harga Kubah Masjid Per Meter (m2)

Anda ingin memesan kubah masjid dan sedang mencari tahu harga kubah masjid per meter? Mengetahui harga kubah masjid merupakan hal utama sebelum Anda memesan kubah.

Ditambah dengan dimensi dan bahan yang digunakan pada kubah pesanan Anda. Ada beberapa material kubah yang biasa digunakan dan ada berbagai macam ukuran yang tersedia pada kontraktor pembuatan kubah.

Nah, sebelum mengetahui harga kubah masjid per meter ada baiknya Anda ketahui masing – masing bahan yang populer digunakan beserta kelebihannya.

Material Kubah Masjid

Terdapat dua macam material kubah masjid yang biasa digunakan dan tersedia di PT Anugerah Kubah Indonesia. Yaitu bahan galvalum dan bahan enamel.

Berikut masing – masing penjelasan dari kedua bahan tersebut.

Material Kubah Masjid Galvalum

harga kubah masjid per meter

Bahan yang pertama yaitu galvalum, mungkin Anda sudah sering melihat material ini digunakan pada kubah – kubah masjid di Indonesia. Galvalum merupakan bahan kubah masjid baja ringan yang berasal dari bahan seng dan aluminium dengan masing – masing komposisi tertentu.

Sebelum bahan galvalum ini dipasang untuk membuat kubah, tentu sudah melewati serangkaian proses uji coba terlebih dulu. 

Ada beberapa kelebihan bahan galvalum apabila dijadikan kubah masjid, diantaranya yaitu sudah menggunakan material yang anti karat. Sehingga kubah Anda akan lebih awet penggunaannya.

Karena materialnya yang anti karat juga membuat galvalum menjadi tahan terhadap cuaca. Meskipun diterjang panas yang sangat terik maupun hujan badai. 

Masuk ke proses pembuatan, kubah masjid nantinya tentu akan masuk pada proses pengecatan. Dan kabar baiknya, galvalum memiliki daya rekat cat yang lebih fleksibel ditambah dengan beragam pilihan cat yang bisa Anda gunakan.

Selanjutnya yaitu bahan enamel, seperti apa bahan ini jika digunakan pada masjid? Langsung saja simak penjelasannya berikut.

Baca Juga: Harga Kubah Masjid Diameter 4 Meter

Material Kubah Masjid Enamel

harga kubah masjid per meter

Berbeda dengan sebelumnya, enamel merupakan material kubah masjid yang berasal dari lapisan cat enamel. Lapisan ini sendiri merupakan campuran bahan substrat atau sejenis porcelain yang sudah dibakar pada suhu di atas 800 derajat celcius.

Karena menggunakan bahan dasar porcelain membuat kubah jenis ini tidak mudah berkarat atau tahan terhadap korosi. Selain menjadi tidak mudah korosi, porcelain juga membantu kubah jadi tidak mudah retak.

Ditambah dengan bobotnya yang cenderung ringan jika dibandingkan dengan galvalum tadi yang menggunakan seng dan aluminium. 

Kubah masjid ini tidak mudah berkarat juga didukung oleh kelebihan lain yaitu tahan terhadap cuaca ekstrim. Seperti yang Anda tahu cuaca di luar tentu tidak selalu bagus, bisa tiba – tiba hujan besar atau sangat terik.

Dengan adanya kelebihan tersebut juga berpengaruh pada cat yang digunakan. Cat pada kubah bahan enamel diklaim dapat awet bahkan hingga 20 tahun mendatang.

Setelah mengetahui masing – masing dari bahan kubah di atas. Sekarang giliran Anda mencari tahu harga kubah masjid per meter untuk bahan galvalum dan enamel.

Harga Kubah Masjid Per Meter

Berikut ini terdapat penjelasan mengenai harga kubah enamel per m2 dan harga kubah galvalum per meter. Harga berikut ini setidaknya bisa menjadi gambaran sebelum Anda memesan nanti.

Harga Kubah Galvalum Per Meter

Harga kubah masjid per meter yang pertama berasal dari bahan galvalum. Sebenarnya harga kubah masjid sendiri tidak bisa disamaratakan, apalagi jika request yang diminta oleh Anda bermacam – macam atau dengan permintaan desain yang cukup rumit.

Namun, kami anugerahkubah.co.id memiliki patokan harga untuk kubah masjid galvalum per meter yaitu mulai dari Rp1.300.000 – Rp.2.400.000. Harga kubah masjid galvalum per meter tersebut belum termasuk pada motif atau ornamen tambahan.

Selain harga tersebut, kami juga memiliki penawaran lain yaitu dengan harga mulai dari Rp1.100.000 hingga Rp.1.600.000 per meternya.

Kedua harga tersebut sudah termasuk spesifikasi, diantaranya adalah.

  • Rangka pipa galvanis 1 inch – 3 inch dengan tebal 1,6 mm
  • Rangka pendukung hollow 1,5 x 3,5 dan 3,5 x 3,5 dengan tebal 0,7 mm
  • Panel kubah bahan plat galvalum tebal 0,4 mm – 0,5 mm
  • Coating dengan 3 komponen epoxy, cat utama dan anti gores “PU Colour”
  • Waterproofing memakai membran bakar 3 mm
  • Plafon menggunakan board 3 mm dengan plat galvalum
  • Makara menggunakan plat stainless steel atau plat galvalum

Jadi, dengan harga kubah masjid galvalum per meter tersebut Anda mendapatkan spesifikasi bahan dan material seperti di atas tadi.

Baca Juga: Harga Kubah Masjid Diameter 7 Meter

Harga Kubah Masjid Enamel Per Meter

Material selanjutnya adalah enamel, jika dibandingkan dengan bahan galvalum, material ini memang memiliki harga lebih mahal. Namun, kelebihan yang ditawarkan oleh bahan ini juga tak kalah banyaknya.

Meskipun lebih mahal nyatanya kubah enamel justru memiliki bobot yang lebih ringan dan diklaim tahan terhadap gempa dan cuaca ekstrim sekalipun. 

Jenis cat yang mirip porcelain membuat bahan enamel dibanderol dengan harga yang lebih besar sekitar Rp2.200.000 – Rp4.000.000 per meternya. Tapi meskipun cukup mahal tentu sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Dengan harga kubah masjid per meter bahan enamel tersebut sudah dilengkapi dengan beberapa spesifikasi yang hampir mirip dengan galvalum. Diantaranya yaitu.

  • Rangka pipa galvanis 1 inch – 3 inch dengan tebal 1,6 mm.
  • Rangka pendukung hollow 1,5 x 3,5 dan 3,5 x 3,5 dengan tebal 0,7 mm.
  • Panel berbahan plat baja SPCC dengan tebal 0,9 mm hingga 1 mm
  • Finishing pelapisan teflon atau coating dengan suhu 830°C
  • Waterproofing menggunakan membran bakar 3 mm
  • Plafon menggunakan board 3 mm atau plat galvalum
  • Makara menggunakan plat stainless steel atau plat galvalum

Yang membedakan dari keduanya yaitu terletak pada panel kubahnya. 

Cara Perhitungan Harga Kubah Masjid 

Setelah mengetahui harga kubah masjid per meter untuk bahan enamel dan galvalum, sekarang giliran Anda untuk mempelajari cara menghitung harga kubah masjid.

Perhitungan ini bisa Anda jadikan gambaran ketika sudah memilih dimensi dan model kubahnya. Hasil perhitungan ini juga bisa Anda masukan pada RAB kubah masjid nantinya.

Cara menghitung harga kubah masjid mudah saja, yaitu dengan mencari luas permukaan terlebih dulu.

Luas permukaan = 3.14 x diameter x tinggi x harga kubah masjid per meter.

Misal Anda hendak membuat kubah masjid bahan galvalum dengan diameter 5 meter dan tinggi 2,5 meter. Maka luas permukaannya yaitu.

Luas permukaan = 3.14 x 5 meter x 2,5 meter x Rp1.100.000

= Rp 43.175.000

Jadi, dengan kubah bahan galvalum dengan diameter 5 meter dan tinggi 2,5 meter Anda harus menyiapkan budget sekitar 43 juta.

Namun, harga yang digunakan di atas merupakan harga minimal per meternya. Anda juga bisa memasukan diameter dan tinggi sesuai kebutuhan. 

Bagaimana, sampai sini sudah tahu cara menghitung harga kubah masjid per meter kan? Harga yang harus Anda keluarkan sebenarnya tergantung pada model yang dibuat, bahan, dimensi hingga tambahan ornamen kubah masjid.

Pastikan Anda memilih kontraktor pembangunan masjid yang berpengalaman seperti PT Anugerah Kubah Indonesia. Kami sudah pengalaman dalam menangani berbagai permintaan kubah masjid di seluruh Indonesia.

Dengan tenaga kerja terampil yang kami miliki, kami berhasil menyelesaikan proyek – proyek kubah masjid. Anda bisa langsung mengecek galeri proyeknya di situs resmi kami. Apabila Anda tertarik bisa langsung hubungi di nomor berikut 0812-1398-5160.

Leave a Reply

eighteen − twelve =