Contoh Rancangan Anggaran Biaya / RAB Pembangunan Kubah Masjid

Apakah Anda seorang panitia pembangunan masjid yang hendak membuat kubah masjid? Nah, jika iya maka Anda perlu tahu cara membuat RAB kubah masjid.

Dalam membuat kubah masjid, Anda tidak bisa serta merta langsung memesan pada kontraktor kubah masjid. Setidaknya Anda harus membuat rancangan biaya nya terlebih dulu, apalagi jika terdapat panitia yang dibentuk.

Sebelum masuk pada langkah pembuatan rab kubah, berikut terdapat beberapa hal mengapa Anda perlu membuat RAB ini.

Mengapa Perlu Membuat RAB Kubah Masjid?

Mungkin masih ada yang bertanya, mengapa kita perlu membuat RAB kubah masjid? Bukankah hanya tinggal memesan saja?

Sebelum itu, RAB ini merupakan rancangan anggaran biaya yang dibuat sebelum melakukan pembangunan proyek dalam hal ini adalah pembangunan masjid. 

Secara garis besar tujuan membuat RAB kubah masjid ini yaitu untuk merencanakan kebutuhan anggaran dan menganalisis pengeluaran. Namun, berikut ini terdapat beberapa alasan mengapa penting untuk membuat RAB?

Untuk Menetapkan Bahan & Material yang Digunakan

Dalam pembangunan sebuah kubah masjid tentu akan ada banyak material yang dibutuhkan. Bahan material yang sudah ditetapkan oleh panitia Anda selanjutnya dapat dimasukan pada RAB ini.

Ketika sudah menetapkan material, setelah itu Anda perlu menghitung berapa banyak yang dibutuhkan dari masing – masing item bahan atau material tersebut.

Pastikan Anda memperhitungkan dengan benar, karena kesalahan sedikit saja pada hal ini maka akan berpengaruh pada semuanya, seperti pada perhitungan biaya.

Untuk Menentukan Harga Per Item

Setelah semua bahan dan material tercatat, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya yaitu menentukan harga per item dari material yang Anda butuhkan. Harga dari masing – masing material biaya berbeda di setiap daerah.

Anda bisa sesuaikan dengan harga di mana wilayah Anda sekarang. Namun berbeda lagi jika Anda membelinya di luar kota atau luar wilayah Anda.

Untuk Menetapkan Total Biaya Pekerjaan

Fungsi pembuatan RAB selanjutnya yaitu untuk menghitung total seluruh biaya pekerjaan  membuat kubah masjid. Dari biaya masing – masing per item, sekarang Anda perlu menjumlahkannya menjadi satu.

Namun, itu baru harga material saja belum dengan jasa pemasangan atau tukang yang membantu proses pembuatan. 

Selain itu jika dalam kubah masjid, biasanya terdapat tambahan seperti motif, warna atau ornamen. Hal tersebut tentu akan membuat harganya menjadi beda – beda.

Untuk Melakukan Rekapitulasi

Yang terakhir dalam membuat RAB adalah melakukan rekapitulasi, yaitu menghitung seluruh kebutuhan dari mulai bahan, biaya material hingga pajak yang perlu dibayar.

Rekapitulasi ini menjadi akhir dalam pembuatan RAB dan finishing dalam perancangan biaya. Hasil tersebut nantinya bisa Anda gunakan sebagai gambaran biaya yang akan dibutuhkan mendatang.

Nah, setelah mengetahui seberapa penting pembuatan RAB ini, selanjutnya Anda akan masuk pada langkah – langkah cara membuat RAB kubah masjid.

Baca Juga: Masjid Menara Kudus : Sejarah, Desain Arsitektur & Lokasi

Langkah Cara Membuat RAB Kubah Masjid

Untuk Anda yang sedang membutuhkan contoh perhitungan rancangan biaya pembangunan kubah masjid langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Menentukan Dimensi Kubah Masjid

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam proses membuat RAB kubah masjid yaitu menentukan dimensi kubah yang dibutuhkan masjid Anda. Jadi, pastikan Anda menghitung diameter dan tinggi kubahnya dengan benar.

Setelah itu Anda juga perlu mencari luas permukaan kubah, untuk mencari luasnya mudah saja yaitu 

Luas kubah masjid = 3,14 x diameter x tinggi

Setelah itu Anda sudah bisa mendapatkan ukurannya. Lalu bagaimana untuk harga satuan kubah masjid nya?

Untuk harga dari kubah masjid tersebut tergantung pada diameter yang dibutuhkan dan bahan yang Anda inginkan. Dan di bawah ini terdapat kalkulator untuk menghitung harga secara kasar.

Selain itu, kami juga pernah membahas beberapa harga untuk harga kubah masjid diameter 3 meter, 4 meter, 5 meter, 6 meter dan 7 meter.

2. Menentukan Bahan Material

Setelah Anda menentukan dimensi kubah masjid dari mulai diameter, tinggi hingga luas permukaannya selanjutnya adalah memilih material kubah yang ingin digunakan.

Untuk material yang dipakai dalam membuat sebuah kubah terdiri dari 3 macam. Masing – masing material tersebut akan kita bahas berikut ini. 

Namun yang perlu Anda ingat, spesifikasi di bawah menggunakan dimensi kubah diameter 6 meter dan tinggi 7,5 meter serta total luasnya adalah 84,78 m2.

Spesifikasi Kubah Masjid Material Galvalum

NoItem KubahSpesifikasi
1.Rangka kubahRangka primer pipa galvanis ukuran 1,35 inch, tebal 1,6 mmSistem rangka double frameRangka pendukung hollow 1,5 x 3,5 cm tebal 0,7 mm
2.Atap kubahBahan plat galvalume 0,4 – 0,5 mmFinishing dengan 2 komponen pengecatan epoxy dan cat PU dua komponen
3.Plafon kubahBahan kalsiboard 3 mm, finishing menggunakan motif awanWaterproofing membrane ethorching system dengan tebal 3 mmRangka pipa galvanis 1,25 inch tebal 1,6 mm. Dan hollow 1,5 x 3,5 cm
4.Aksesoris kubahHiasan pada ujung kubah bagian luar bahan galvalum berwarna gold.

Itu merupakan spesifikasi detail untuk bahan galvalum, biasanya masa pabrikasi kubah ini sekitar 50 – 60 hari tergantung dengan antrian pembuatan dan detail pesanan kubah Anda.

Untuk total harganya sendiri kurang dari Rp150.000.000, namun hal ini kembali lagi pada dimensi kubah Anda. Anda bisa langsung sesuaikan sendiri.

Selanjutnya terdapat bahan enamel, berikut tabel spesifikasinya.

Spesifikasi Kubah Masjid Bahan Enamel

NoItem KubahSpesifikasi
1.Rangka kubahRangka primer pipa galvanis ukuran 1,5 inch, tebal 1,6 mmSistem rangka double frameRangka pendukung hollow 1,5 x 3,5 cm tebal 0,7 mm
2.Atap kubahBahan plat besi 0,9 – 1 mm (spek enamel)Finishing coating dengan suhu 800 – 900 derajat celcius
3.Plafon kubahBahan kalsiboard 3 mm, finishing menggunakan motif awanWaterproofing membrane ethorching system dengan tebal 3 mmRangka pipa galvanis 1,25 inch tebal 1,6 mm. Dan hollow 1,5 x 3,5 cm
4.Aksesoris kubahHiasan pada ujung kubah bagian luar bahan galvalum berwarna gold.

Tabel di atas merupakan spesifikasi untuk bahan enamel, perbedaannya hanya terletak pada plat atap kubah yang digunakan, ukuran dan finishing nya.

Untuk bahan enamel biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan an dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp150.000.000 tergantung luas kubah tersebut.

Spesifikasi Kubah Masjid Titanium

Terakhir yaitu kubah masjid dengan bahan titanium.

NoItem KubahSpesifikasi
1.Rangka kubahRangka primer pipa galvanis ukuran 1,5 inch, tebal 1,6 mmSistem rangka double frameRangka pendukung hollow 1,5 x 3,5 cm tebal 0,7 mm
2.Atap kubahBahan plat titanium 0,5 mmFinishing coating dengan suhu 800 – 900 derajat celcius
3.Plafon kubahBahan kalsiboard 3 mm, finishing menggunakan motif awanWaterproofing membrane ehorching system dengan tebal 3 mmRangka pipa galvanis 1,25 inch tebal 1,6 mm. Dan hollow 1,5 x 3,5 cm
4.Aksesoris kubahHiasan pada ujung kubah bagian luar bahan galvalum berwarna gold.

Nah itulah spesifikasi untuk bahan titanium, sebenarnya dari ketiga spesifikasi di atas ukurannya hampir sama. Hanya saja berbeda pada bahan yang digunakan.

Untuk harganya sendiri sama dengan enamel, mulai dari Rp150.000.000

Tapi yang perlu Anda ingat, RAB kubah masjid ini masih kasar. Dan tentu Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar kubah maka semakin besar biayanya.

Setelah menghitung spesifikasi dari bahan yang Anda pilih selanjutnya yaitu memilih model kubah.

Baca Juga: Masjid Agung Kota Tegal Jawa Tengah

3. Memilih Model Kubah Masjid

Ada banyak model kubah masjid, namun yang paling populer digunakan ada 4 yaitu model setengah bola, model madinah, model pinang dan model bawang.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa contoh desain dari masing – masing model.

Kubah Setengah Bola

RAB kubah masjid
Masjid Al – Jamal Bogor, Jawa Barat

Kubah Madinah

RAB kubah masjid
Masjid Al – Ijtihad Bangka Belitung

Kubah Bawang

RAB kubah masjid
Masjid An – Nur – DKI Jakarta

Kubah Pinang

RAB kubah masjid
Masjid Al – Hidayah Kediri, Jawa Timur

Pemilihan model kubah juga akan berpengaruh pada RAB kubah masjid Anda. Karena biasanya berbeda model akan berbeda harga. Maka dari itu Anda harus mencari tahu dulu berapa kisaran harga untuk model kubah yang Anda pilih.

Setelah model sudah terpilih, Anda bisa melanjutkan pada pemilihan ornamen kubah masjid atau motif plafon.

4. Tentukan Motif Plafon

Ada dua macam motif plafon yang biasa digunakan pada kubah masjid, yaitu awan dan kaligrafi. Kedua motif tersebut memang paling populer diantara yang lain.

Berikut ini terdapat contoh kubah masjid motif awan dan kaligrafi.

Motif Awan

RAB kubah masjid

Untuk motif awan sendiri rata – rata seperti gambar di atas, tidak terlalu banyak warna yang digunakan sehingga terlihat lebih minimalis.

Motif Kaligrafi

RAB kubah masjid

Untuk motif kaligrafi sendiri cenderung menggunakan perpaduan warna yang cukup banyak. Selain itu proses pembuatan tulisan arab tersebut pasti membutuhkan waktu yang lebih banyak jika dibandingkan dengan motif awan.

Pemilihan ornamen juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi RAB kubah masjid Anda. 

5. RAB Selesai dibuat

Setelah menentukan dimensi, bahan, model kubah dan ornamen yang digunakan sekarang Anda bisa menjumlahkan semua total kebutuhannya untuk dijadikan RAB.

Baik itu harga kubah saja, tambahan biaya ornamen hingga pajak yang perlu dibayar. Kebutuhan yang sudah disebutkan di atas tadi hanyalah gambaran saja, jika memang Anda perlu material lain bisa langsung ditambahkan pada RAB kubah masjid.

Bagaimana, sampai sini sudah cukup tahu bagaimana cara membuat RAB kan? Setelah RAB terbuat Anda bisa lanjut mencari kontraktor pembuat kubahnya.

Salah satunya adalah PT Anugerah Kubah Indonesia, kami merupakan kontraktor kubah masjid di Indonesia yang dapat melayani Anda dari daerah manapun.

Kami menyediakan pilihan bahan kubah dan motif yang bisa Anda pilih sendiri. Apabila Anda berminat bekerja dengan kami langsung saja kontak sales di nomor ini 0812-1398-5160 untuk bertanya lebih lanjut terkait pemesanan kubahnya.

Leave a Reply

15 − ten =