Struktur & Konstruksi Rangka Kubah Masjid yang Kuat

Sedang membutuhkan kubah masjid yang bergaransi hingga 20 tahun?

PT Anugerah Kubah Indonesia siap membantu anda. Berpengalaman mengerjakan lebih dari 1.000 kubah masjid.

Hubungi kami melalui WA / Telp dan dapatkan penawaran terbaik dari kami.

Anda sedang memesan kubah masjid atau baru ada niatan untuk buat? Nah, bagi Anda baik yang sedang memesan atau belum ada baiknya ketahui struktur, konstruksi dan rangka kubah masjid yang digunakan oleh produsen yang Anda pesan.

Karena dari struktur dan rangka inilah akan menghasilkan kualitas kubah masjid yang awet dan tahan lama. Maka dari itu, Anda juga harus paham dengan hal ini.

Setidaknya Anda tahu rangka jenis apa dan bagaimana struktur yang digunakan oleh produsen tersebut.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas rangka kubah masjid yang digunakan pada PT Anugerah Kubah Indonesia.

Komponen Rangka Kubah Masjid

Rangka kubah masjid terdiri dari bagian dalam dan bagian luar. Bagian dalam kubah masjid yaitu berupa rangka – rangka pipa yang disusun agar kubah dapat berdiri tegak.

Kira – kira seperti ini gambaran komponen rangka kubah masjid dari yang dalam sampai luar. Dan nanti akan kita bahas satu persatu di bawah.

rangka kubah masjid

Kita akan mulai dari item yang paling atas, lalu ke bawah dan yang terakhir yaitu bagian luar.

Baca Juga: Contoh Motif Ornamen Kubah Masjid untuk Hiasan

1. Mahkota Kubah

rangka kubah masjid

Bagian rangka kubah masjid yang paling atas yaitu mahkota kubah atau biasa disebut makara. Seperti namanya fungsi bagian ini yaitu sebagai mahkota pada sebuah kubah, sehingga kubah bisa terlihat lebih cantik dan indah.

Makara ini terbuat dari bahan stainless steel, mungkin Anda juga sering melihat mahkota ini pada kubah – kubah namun dengan warna silver saja tanpa ada cat lain.

Bahan yang digunakan untuk membuat makara ini yaitu dengan tebal 0,3 – 0,5 mm. Sebelum menjadi sebuah makara, bahan ini akan dipotong sesuai ukuran, dibentuk dan disusun hingga menyerupai mahkota kubah. 

Anda bisa memilih ingin bentuk lafadz Allah, lancip atau bentuk bulan bintang. Setelah terbuat, makara ini akan di cat sesuai permintaan Anda juga.

2. Rangka Utama

Selanjutnya masuk pada rangka utama kubah masjid. Di sini semua rangka kami menggunakan pipa galvanis single frame dan double frame, ini tergantung diameter ukuran kubah yang Anda pesan.

Pipa galvanis merupakan pipa yang sudah melewati proses pencelupan seng, sehingga pipa tersebut akan lebih tahan karat. Selain itu, pipa ini juga cocok digunakan pada kubah model apapun.

Untuk spesifikasi penggunaan pipa nya sendiri berbeda – beda tergantung diameter kubah masjid.

Kubah berdiameter 1 meter – 5 meter hanya menggunakan single frame. Sedangkan diameter 6 meter – 18 meter menggunakan sistem double rangka atau double cremona.

Untuk ukuran pipa yang lebih detail bisa Anda lihat berikut.

  • Diameter 1 – 2,4 meter ukuran pipa 1,25 inch tebal 2 mm  
  • Diameter 2,5 – 4,85 meter ukuran pipa 1,5 inch tebal 2 mm 
  • Diameter 5 meter ukuran pipa 2 inch tebal 2 mm  Diameter 6 – 10 meter ukuran pipa 1,5 inch tebal 2 mm, sistem rangka double frame atau double cremona.
  • Diameter 11 – 18 meter ukuran pipa 2 inch tebal 2 mm , sistem rangka double frame atau cremona.

Untuk penggunaan rangka double frame terdapat tambahan, yaitu pipa horizontal atau diagonal agar antara pipa atas dan pipa bawahnya dapat terhubung.

Model pipa yang digunakan di tengah yaitu membentuk zig – zag dengan telah melewati proses pengelasan. Perlu Anda ketahui, pada Anugerah Kubah Indonesia sistem pengelasan yang dipakai yaitu full welding.

Sehingga tidak akan ada celah yang tidak kena las.

3. Rangka Hollow

rangka kubah masjid

Selain rangka utama, untuk membangun seluruh rangka pada kubah masjid tentu membutuhkan jenis rangka yang banyak. Rangka pendukung ini disebut dengan rangka hollow atau pipa hollow yang berbentuk kotak.

Di sini kami tetap menggunakan jenis galvanis karena memang kualitasnya yang bagus dan tahan karat.

Pada rangka ini tidak pernah menggunakan ketebalan di bawah 0,5 mm, pasti selalu di atasnya. Dan yang biasa digunakan kami yaitu tebal 0,7 mm. 

Banyaknya rangka hollow yang dibutuhkan tergantung dengan ukuran kubah masjid Anda. Semakin luas permukaannya maka butuh semakin banyak.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Kubah: Harga Kubah Masjid Per Meter (m2)

4. Ring Kubah

rangka kubah masjid

Rangka kubah masjid selanjutnya yaitu ring kubah, ring kubah ini diletakan mengelilingi kubah tersebut. Dalam satu kubah masjid setidaknya terdapat lebih dari 5 ring seperti pada gambar di atas tadi.

Ring kubah yang digunakan di sini juga double frame, yaitu menggunakan sistem join atau baut. Seluruh pipa tersebut akan di las dengan full welding, sehingga tidak akan ada bagian yang tidak terkena las.

Karena terdapat banyak ring, jarak antara satu ring dengan ring lainnya yaitu kurang lebih 1 meter, hal ini bertujuan untuk kekuatan kubah masjid itu sendiri. 

5. Rangka Plafon

Selanjutnya kita masuk pada rangka bagian plafon. Rangka plafon ini nantinya akan menjadi struktur atau tempat memasang plafon, plafon ini merupakan langit – langit kubah yang biasa Anda lihat dari dalam.

Rangka plafon juga terbuat dari pipa galvanis dan hollow. Pipa galvanis yang digunakan di sini yaitu 1,25 inch dengan ketebalan 2 mm.

Selain galvanis, kami juga menggunakan hollow, untuk rangka ini menyesuaikan diameternya yaitu sebagai berikut.

  • Diameter 1 – 6 meter: menggunakan ukuran 2 x 4
  • Diameter 7 meter ke atas: menggunakan hollow 2 x 4 dna 4 x 4

Rangka plafon ini akan berbentuk setengah lingkaran seperti kubah dan melingkar mengikuti bentuk kubahnya. Setelah rangka terpasang selanjutnya adalah masuk pada pemasangan waterproofing.

6. Waterproofing

Waterproofing atau biasa disebut waterproof membrane merupakan lapisan yang biasa digunakan pada atap. Lapisan ini mengandung polimer dan bitumen, sehingga dapat melindungi bagian dibawahnya dari kelembaban apabila sedang hujan.

Membran kedap air yang kami gunakan di sini setebal 3 mm, sehingga dipastikan bagian bawah atau plafon masjid Anda tidak akan lembab atau basah.

Lapisan ini nantinya akan dipasang di atas rangka plafon tadi. Membran ini juga sekaligus menjadi penutup rangka tersebut.

7. Plafon Motif

rangka kubah masjid

Setelah terpasang sempurna, selanjutnya adalah pemasangan plafon kubah tersebut. Plafon ini juga nantinya terdapat motif atau ornamen.

Bahan yang digunakan untuk membuat plafon yaitu kalsiboard, bahan ini memang biasa digunakan pada plafon rumah atau bangunan lainnya. Kalsiboard terbuat dari semen, silika dan serat selulosa yang pasti memiliki kekuatan yang bagus.

Ukuran kalsiboard yang kami gunakan yaitu 3 mm. Nah, jika kalsiboard sudah terpasang berikutnya adalah membuat ornamen atau motif plafon kubah masjidnya.

Motif yang kami tawarkan yaitu motif awan dan kaligrafi. Anda bisa memilih motifnya sesuai selera. Kira – kira seperti ini gambaran motif tersebut.

Motif awan dan kaligrafi itu dibuat dengan finishing cat dinding dengan kualitas terbaik. Selain itu juga terdapat beragam pilihan warna nya.

8. Bendungan Air

Rangka kubah masjid yang jarang terlihat pada komponen kubah adalah bendungan air. Padahal bagian ini justru salah satu yang paling penting, karena nantinya digunakan sebagai penampung air yang datang ketika hujan.

Ketinggian ketebalan yang digunakan untuk membuat bendungan sekitar 5 cm. Bendungan dapat dibangun dengan beton atau bata merah dan campuran semen seperti biasa.

Yang jelas, jangan hanya berfokus pada pembuatan kubah masjidnya hingga melupakan bagian penting ini.

9. Panel Kubah

rangka kubah masjid

Nah, setelah semua rangka terpasang secara sempurna sekarang saatnya untuk menyusun panel kubah yang sudah dibuat baik itu bahan galvalum atau enamel. 

Kubah panel enamel tersebut dibuat dengan plat besi tebal 0,9 – 1 mm. Dan untuk bahan galvalum yaitu berasal dari plat galvalum 0,4 – 0,5 mm.

Setelah semua panel terbentuk, selanjutnya adalah finishing pewarnaan. Untuk bahan galvalum menggunakan akan melewati 3 proses pewarnaan (cat dasar, cat warna pokok dan pelapis anti gores ) yang tahan hingga 10 tahun, sedangkan enamel akan dilakukan finishing menggunakan coating enamel dengan ketahanan hingga 20 tahun.

10. Dudukan Kubah

Selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan dalam rangka kubah masjid yaitu dudukan kubah. Dudukan kubah adalah tempat yang nantinya digunakan untuk meletakan kubah tersebut.

Oleh karena itu pastikan Anda membuat struktur dudukan yang kokoh dan simetris. Sehingga kubah dapat ditopang dengan kuat. 

Jadi akan sia – sia jika kubah Anda memiliki kualitas yang kokoh dan bagus namun dudukan nya sendiri tidak dapat menopang dengan baik.

Baca Juga: Harga Kubah Masjid Diameter 4 Meter

11. Leher Dudukan

Rangka kubah masjid yang terakhir yaitu leher dudukan. Leher dudukan terletak di bagian paling bawah dari komponen kubah masjid.

Leher dudukan ini nantinya berfungsi untuk meletakan dudukan kubah yang sebelumnya. Sehingga tidak hanya dudukan kubah yang harus kokoh, tapi leher dudukan juga demikian. 

Rangka ini dapat dibuat menggunakan adukan semen, pasir biasa dan disusun dengan bata merah. 

Nah itulah 11 rangka kubah masjid yang harus ada pada sebuah komponen kubah. Ketika Anda hendak memesan kubah, pastikan seluruh rangka tersebut ada dan terbuat oleh produsen.

Pastikan juga menggunakan kualitas pilihan dan terbaik seperti PT Anugerah Kubah Indonesia. Kami selalu menggunakan material pilihan dan mengikuti standar pembuatan yang ada.

Sehingga kubah masjid yang kami hasilkan memiliki kualitas yang awet dan kokoh. Jika Anda tertarik bekerja dengan kami, segera hubungi nomor ini 0812-1398-5160 atau kunjungi website resminya.

Kami akan membantu memberikan solusi kubah masjid dan mewujudkan impian kubah Anda.

Leave a Reply

two + fourteen =